--------------------------------------

Bahan :
1. Ikan lele segar yang sudah dibersihkan, dibuat kerat-kerat pada bagian tubuhnya agar bumbu meresap. Lalu setelah dicuci dilumuri dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
2. Lalapan seperti kol, slada, timun dan sebagainya sesuai dengan selera.

Bumbu untuk lele goreng yang dihaluskan:
Kemiri, ketumbar, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit dan garam dihaluskan

Pengolahan lele goreng:
Ikan lele segar yang sudah diberi jeruk nipis dilumuri dengan bumbu halus di atas, lalu biarkan sekitar satu jam agar bumbunya meresap. Setelah itu bisa langsung digoreng di minyak panas dengan minyak yang cukup agar matangnya merata. Angkat dan tiriskan.

Bahan untuk sambal pecel lele lezat:
Cabai merah segar, cabai rawit sedikit, bawang putih, bawang merah, gula merah, terasi dan tomat. Semua bumbu direbus kecuali terasi dan gula merah. Terasi dibakar hingga harum lalu dimasukkan bersama gula merah ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan. Sebaiknya menggunakan gilingan manual agar rasanya lebih lezat dan terasa nikmat di lidah.
Setelah sambal selesai, hidangkan lele goreng dengan sambal pecel lele dan lalapan yang sudah disediakan. Menikmati pecel lele akan sangat nikmat pada saat lele masih hangat dan baru turun dari penggorengan. Jika lele sudah dingin, rasanya tak akan senikmat pada saat panas. Ada yang menyukai sambal yang pedas ada juga yang tidak, tergantung selera.

0 comments:

Post a Comment

 
Top